Yamaha menambah amunisi barunya di kelas Supersport, yaitu Yamaha YZF-R7 atau yamaha R7 yang di bekali mesin 2 silinder 700cc. |
Sejarah Yamaha YZF-R7
Mesin motor ini berbasis dari yamaha MT-07 yang bermodel naked atau tanpa fairing. Motor ini bermesin 2 silinder 700cc atau tepatnya 688cc. Selain mempunyai mesin yang sama, Yamaha R7 juga mempunya bodi siluet yang ramping dan kelihatan sangat tajam dan menarik. Berbeda dengan motor super sport yamah yang lainnya, motor yamah R7 dijual dibawah harga motor super sport besutan yamaha lainny. Bisa kamu lihat perbedaan tampilan dari Yamaha R7 dengan MT-07 berikut ini.
Yamaha R7 |
Yamaha MT-7 |
Mesin Yamaha R7
Mesin 2 silinder segaris 688cc yang dipasang di "YZF-R7" baru menghasilkan 73PS/8.750rpm dan 67Nm/6.500rpm. Ini adalah unit daya dengan karakteristik torsi yang sangat baik dari kisaran putaran rendah, yang juga dipasang di mesin petualangan perusahaan "Tenere 700". Yamaha R7 menggunakan sistem pendingin cairan dan sistem pelumasan kopling basah. Motor penerus yamaha R6 ini juga dibekali teknologi assist and slipper clutch pada girboks. Dan mempunyai opsi tambahan quickshifter (perpindahan transmisi yang cepat dan halus).
Baca juga: Valentino Rossi akan kembali balapan, hanya saja memakai trek di Metaverse
Fitur Yamaha YZF-R7
Ukurannya 2.070 (panjang total) x 705 (lebar total) x 1.160 (tinggi total) mm, dan beratnya 188 kg. Harga eceran yang disarankan pabrikan adalah 8.999 dollar atau sekitar Rp 128 jutaan.
Mewarisi saluran berbentuk M yang merupakan ikon dari seri YZF-R. Dilengkapi dengan lampu posisi yang dipotong tajam pada lampu depan mata-satu.
Penutup tangki yang didesain khusus memiliki bentuk yang memudahkan untuk digenggam lutut. Penyok di bagian atas jadi pertimbangan untuk memudahkan helm pas.
Siluet ramping juga efektif untuk memastikan sudut kemiringan dan karakteristik aerodinamis. Secara khusus, intinya adalah bahwa penutup bawah dekat tanah terbuat dari aluminium. Sudut tepian yang dalam telah dicapai dengan menutup celah dengan muffler hingga batasnya.
Selain mengadopsi shock upsidedown di bagian depan, kaliper rem pemasangan ganda dengan 4 pot di sisi yang berlawanan. Dirancang untuk digunakan di mesin balap, yang memiliki kekakuan tinggi. Yamaha R7 menggunakan Master silinder Brembo dengan tipe radial untuk meningkatkan sentuhan dan kemampuan kontrol.
Suspensi belakang sendiri sama dengan MT-07, namun YZF-R7 memiliki dimensi belakang yang sedikit dinaikkan dengan pengaturan mekanisme link secara eksklusif. Akibatnya, sudut kastor berdiri 1,1 ° sehubungan dengan MT-07, dan beban pada roda depan meningkat, meningkatkan rasa stabilitas saat menikung. Pada saat yang sama, stabilitas garis lurus dipastikan dengan memperpendek offset garpu sebesar 5 mm dan mempertahankan jejak yang sama. Selain itu, untuk mewujudkan penanganan yang gesit dan sporty, penyangga tengah aluminium baru telah ditambahkan ke bagian poros lengan ayun untuk meningkatkan kekakuan torsi di sekitar poros.
Suspensi belakang sendiri, yang dipasang pada sudut mendekati horizontal, sama dengan MT-07, tetapi mekanisme tautan dan kecepatan pegas berbeda. Brace yang dipasang untuk mengapit bagian pivot berhasil meningkatkan kekakuan rangka dan mengubah gambar desain.
Kokpit yang memotivasi pengendara, seperti roda kemudi tipe clip-on yang dirancang khusus.
Ukuran ban 120/70ZR17 di depan dan 180/55ZR17 di belakang. Lengan ayun memiliki desain melengkung, dan knalpotnya bertipe pendek.
Lampu ekor yang panjang secara vertikal adalah hal yang umum untuk seri YZF-R dan terkesan cerdas dan tegas.
Sampai saat ini hanya ada pilihan seperti "YZF-R6" dan "YZF-R1", namun kedua model ini memiliki karakteristik yang cukup radikal karena merupakan mesin yang difinishing dengan tujuan memenangkan perlombaan. Karena ini adalah mesin yang tidak akan dimiliki oleh pengguna menengah, "YZF-R7" 2 silinder baru disiapkan sebagai model yang sedikit lebih familiar.
Data Spesifikasi Lengkap Yamaha YZF-R7
- Mesin Jenis mesin 2-silinder, Berpendingin cairan, EURO5, 4-tak, 4-katup, DOHC Kapasitas mesin 689cc Diameter x langkah 80,0 x 68,6 mm Rasio kompresi 11,5: 1 Tenaga maksimal 54,0 kW (73,4 PS) / 8,750 rpm Versi daya terbatas 35,0 kW (47,6 PS) / 7.750 rpm Torsi maksimum 67,0 Nm (6,8 kg-m) / 6.500 rpm
- Sistem pelumasan Basah Jenis kopling Basah
- Sistem pengapian TCI
- Sistem starter Listrik
- Sistem transmisi Mesh Konstan, 6 kecepatan
- Sistem bahan bakar Injeksi
- Rangka Rangka Diamond Sudut kastor 23 ° 40 ' Trail 90 mm
- Sistem suspensi depan Garpu teleskopik
- Sistem suspensi belakang Lengan ayun
- Rem depan Rem cakram ganda hidrolik, Ø298 mm
- Rem belakang Rem cakram tunggal hidrolik, Ø245 mm
- Ban depan 120/70ZR17 M/C (58W) Tubeless
- Ban belakang 180/55ZR17 M/C (73W) Tubeless
- Dimensi Panjang 2.070 mm Lebar 705 mm Tinggi 1.160 mm Tinggi tempat duduk 835 mm Jarak sumbu roda 1.395 mm Jarak terendah ke tanah 135 mm
- Berat kotor 188 kg Kapasitas tangki 13 liter
Demikian artikel tentang "Yamaha R7 (YZF-R7) menjadi amunisi baru dari yamaha dikelas 700cc supersport", semoga bermanfaat.
Baca juga: Uang muka motor beat tahun 2022, kamu berminat memboyong motor ini?
Posting Komentar
If you can't commemt, try using Chrome instead.