Karburator motor adalah salah satu komponen pada sepeda motor yang memilik dua fungsi yaitu sebagai pengatur RPM. dan pengatur campuran bahan bakar dan udara yang disemprotkan ke ruang bakar. dan kemudian campuran bahan bakar dan udara tersebut akan dibakar oleh percikan api busi pada saat langkah kompresi. karburator motor saat ini mungkin telah berkurang penggunaannya karena makin banyak motor yang menggunakan sistem injeksi.
Karburator motor juga memiliki cara kerja yang sama
dengan semprotan pengusir serangga. caranya dengan menghisap campuran bahan
bakar dan udara kemudian diubah menjadi kabut. pada saat proses ini karburator
membutuhkan gerakan piston pada saat langkah hisap. kabut ini kemudan yang akan
berguna pada proses pembakaran. dan juga untuk pengeluaran banyak atau
sedikitnya campuran bahan bakar dan udara tergantung dari tarikan gas yang
diatur oleh si pengendara.
Jenis karburator motor
Karburator motor dibagi menjadi dua jenis yaitu karburator berdasarkan bentuk venturi dan berdasarkan bentuk katup gas. berikut ini ulasan tentang jenis-jenis karburator motor:
1. Karburator berdasarkan bentuk venturi
Venturi memiliki fungsi sebagai keluar masuknya udara kedalam karburator. dan untuk meningkatkan hampa udara pada karburator. berikut ini jenis karburator berdasarkan bentuk venturi:
Ø Karburator venturi berubah- ubah
Karburator ini memiliki
venturi yang berubah-ubah sehingga throttle valve yang ada di venturi dapat di
jalankan oleh kawat gas secara langsung. Sehingga untuk membedakan karburator
ini dengan cara melihat diameter venturi dan menyesuaikan besar kecilnya aliran
bahan bakar dan udara yang masuk kedalam karburator.
Ø Karburator venturi tetap
Karburator venturi ini memiliki
diameter tetap atau tidak dapat di ubah-ubah, dan besar kecilnya aliran bahan
bakar dan udara juga tergantung dari perubahan throttle valve dan katup gas.
Biasanya karburator ini
punya pilot jet untuk kecepatan stasioner, kecepatan stasioner memiliki fungsi
untuk memenuhi percampuran bahan bakar dan udara pada setiap kecepatan,pada
saat menyemprotkan bahan bakar. jenis
karburator ini hanya akan mengalirkan bahan bakar melalui jet yang telah
dikontrol oleh jarum yang berbentuk tirus.
Ø Karburator venturi konstan (
karburator vakum)
Karburator ini adalah gabungan dari
karburator venturi berubah-ubah dan karburator venturi tetap. katup pada
venturi karburator ini bekerja untuk
mengubah diameter venturi dari memanfaatkan gerakan piston.
2. Karburator motor berdasarkan bentuk katup gas
Karburator ini memiliki lima jenis karburator berdasarkan bentuk katup
gas . berikut ini ulasannya:
Ø Karburator PE
Karburator ini mempunyai
bentuk katup gas yang bulat dan berlapiskan
chrome. karburator jenis ini juga sangat pas untuk motor yang berkecepatan
tinggi, karburator PE juga irit akan bahan bakar dan memiliki tarikan yang
bagus. karburator PE biasanya juga dipakai di jenis motor bebek 105cc sampai
125cc. karburator PE memiliki beberapa ukuran antara lain PE 24, PE 28, dan PE
38. ciri lain dari karbu in memiliki ukuran katup 20-38 mm.
Ø Karburator PJ
Karburator ini mempunyai
katup gas yang berbentuk oval dan berlapiskan chrome. karburator PJ juga
mempunyai lintasan campuran bbm dan udara yang cepat. karburator ini sering
pakai pada motor 2 tak. makanya karurator jenis cenderung lebih boros.
Ø Karburator PWL
Karburator ini memiliki
bentuk sedikit datar dan katup gasnya berlapiskan chrome. karburator ini
memiliki performa yang bagus pada saat putaran bawah. tapi ketika pada putaran
atas karburator ini sering kehabisan tenaga, karburator ini juga lebih boros
bbm.
Ø Karburator TM
Karburator ini mempunyai
bentuk katup gas kotak. Karburator ini juga memiliki performa yang lebih bagus dibandingkan dengan karburator PE.
Karena udara yang masuk lebih lancar dan cepat.
Ø Karburator TM
Karburator ini mempunyai bentuk
setengah lingkaran. Karburator ini juga mempunyai akselerasi yang bagus, dan powerbrand yang
merata pada semua RPM.
Komponen karburator dan fungsinya
Berikut ini ulasan tentang komponen karburator motor dan fungsinya:
Ø Pelampung / floater
Komponen ini berfungsi
sebagai pengatur bahan bakar di mangkuk agar tidak meluber. Dan juga dengan
adanya komponen ini mangkuk tidak akan banjir.
Ø Mangkuk pelampung karburator / float
chamber
Komponen ini berfungsi
sebagai penampung sementara BBM yang berasal dari tangki bahan bakar. Yang kemudian akan di campurkan dengan
udara. Mangkuk ini juga berfungsi sebagai pelindung komponen karburator seperti
pelampung dan main jet.
Ø Jarum pelampung / needle valve
Komponen ini berfungsi
sebagai penutup saluran BBM dari tangki dan agar bahan bakar di pelampung tidak
berlebihan.
Ø Pegas Katup gas
Pegas Katup gas memiliki
fungsi untuk menjaga katup tetap
tertutup ketika handle gas tidak di tarik dan mengembalikan katup gas ke posisi
semula saat kita melakukan deselerasi.
Ø Katup gas / throttle valve
Komponen ini berfungsi
sebagai pengatur banyaknya campuran bahan bakar dan udara atau posisi idle.
Ø Slow jet / pilot jet
Komponen ini berfungsi
sebagai pengatur aliran bahan bakar pada saat putaran rendah.
Ø Main jet
Komponen ini berfungsi
sebagai pengatur aliran bahan bakar pada saat putaran menengan dan putaran
tinggi.
Ø Jet needle
Komponen ini berfungsi
untuk mengatur jumlah campuran bahan bakar dan udara yang masuk melalui main
jet pada saat handle gas ditarik dengan pembukaan katup 1/4 sampai 3/4.
Ø Needle jet
Komponen ini memiliki fungsi
sebagai pengontrol besar kecilnya lubang yang masih terhubung dengan venturi.
Ø Main air jet
Kommpone ini memiliki
fungsi sebagai lubang untuk di lewati oleh udara saat mesin berada pada putaran
menengan dan tinggi.
Ø Air screw / pilot screw
Komponen ini berfungsi
sebagai pengatur banyaknya campuran bahan bakar dan udara yang akan masuk ke
ruang bakar.
Ø Slow air jet / slow air bleed
Komponen ini merupakan sebuah lunan yang dilewati oleh udara saat mesin berada pada putaran stasioner.
Nah itulah
sedikit ulasan tentang karburator motor, mohon maaf bila ada kata atau kalimat
yang salah dalam penulisan nya, dan juga terima kasih karena sudah membaca
artikel ini ._.
Posting Komentar
If you can't commemt, try using Chrome instead.